Sejarah bukittinggi pernah menjadi Ibukota RI


Bukittinggi pernah menjadi Ibukota RI | bukittinggi blogger | 18-12-2012

foto Bukittinggi pernah menjadi Ibukota RI

jujur sebagai orang awam tentang informasi sejarah, saya juga kaget waktu pertama kali mengetahui bahwa kota wisata bukittinggi dulunya pernah menjadi ibukota negara kita. Ekpresi pertama saya adalah WOW.. Keren.. akan tetapi sejenak saya terhenti bilang wow..[ kayak iklan salah satu kartu GSM aja ] selanjutnya saya juga dikagetkan dengan fakta fakta lainnya tentang bukittinggi. memang bukittinggi kaya akan nilai budaya dan sejarah. saya yakin kalau sekarang ibukota pindah lagi ke bukittinggi maka indonesia mungkin akan lebih baik (menurut saya lho ) soalnya dengan strategi back to surau atau kembali ke surau. bukittinggi akan mewajibkan semua anggota DPR dan MPR serta kalangan elit politiknya untuk Wajib kesurau sebelum Sidang atau Rapat.hehehe.. ( hayalan tingkat tinggi ).

oiya, cerita tentang fakta tersebut dapat saya kutip dari artikel berbahasa indonesia seperti dibawah ini, soalnya waktu itu saya dapatnya dari artikel berbahasa asing jadi susah ngartiinnya, coz i cany write english well.. akan tetapi maksudnya hampir sama kok.. check it out..

Fakta besar mengenai Bukittinggi yang jarang diketahui orang, yaitu bahwa Bukittinggi pernah menjadi Ibukota RI pada masa darurat (22 Desember 1948 – 13 Juli 1949) dengan nama Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dipimpin oleh Mr. Syafrudin Prawiranegara. Itu terjadi setelah Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda pada tanggal 19 Desember 1948. Keduanya memberikan mandat kepada Syafruddin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan sementara dengan nama PDRI dan menjadikan Bukittinggi sebagai ibukota PDRI. Fakta sejarah seperti itu membuat Bukittinggi semakin unik. sumber:backpacker magazine -com

Dalam hal ini, Admin berharap melalui blog ini siapa tau ada pejabat daerah yang membaca. barangkali tanggal 22 Desember nanti, tepatnya 4 hari lagi, pemerintahan daerah akan menggelar acara peringatan untuk mengenang sejarah serta sekalian mensosialisasikan sejarah kota bukittinggi ke generasi muda sekarang, ada kebanggan tersendiri disini.. kenapa? pertanyaannya, kenapa bukittinggi? pasti bukittinggi mempunyai banyak kelebihan pada zaman dahulu... (simple thing )hehe.. .saya yakin 60-70% generasi muda bukittinggi belum tahu banyak tentang sejarah kota bukittinggi ini. cmiiw.. :) correct me if iam wrong..


Related Article:

 

FOLLOWER

TRANSLATE

PENCARIAN ARTIKEL